IIN MAULIDA, AMANDA (2025) STRATEGI DAKWAH MUALLAF USTADZ FELIX SIAUW PADA PLATFORM YOUTUBE DALAM RANGKA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN PENGGUNA YOUTUBE. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.
|
Text (FULL TEXT)
2120203870230022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
“(Strategi Dakwah Muallaf Ustadz Felix Siauw Pada Platfrom YouTube dalam meningkatkan pemahaman keagamaan pengguna YouTube )”, Dibimbing oleh Muh. Taufiq Syam, M.Sos. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dakwah muallaf Ustadz Felix Siauw di platform YouTube dalam meningkatkan pemahaman keagamaan pengguna, serta mengetahui respons audiens terhadap konten dakwah yang disampaikannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi dakwah muallaf Ustadz Felix Siauw pada platform YouTube? dan (2) Respons view terkait dengan dakwahnya muallaf Ustadz Felix siauw di YouTube. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, serta didukung oleh teori komunikasi digital untuk memahami pola interaksi dalam media daring, dan analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunitties, threats). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dakwah Ustadz Felix Siauw di YouTube yaitu dengan pendekatan Mauidzah hasanah, wajadil hasanah, penggunaan bahasa yang lugas, serta pemanfaatan isu-isu aktual untuk menarik minat generasi muda. Konten yang disajikan konsisten, edukatif, serta relevan dengan kebutuhan spiritual masyarakat urban dan generasi digital. Berdasarkan analisis SWOT, kekuatan utamanya dapat dilihat dari Respons audiens terhadap konten dakwah di YouTube yang tergolong tinggi, ditunjukkan oleh jumlah view yang mencapai ratusan ribu hingga jutaan per video, serta interaksi aktif dalam bentuk komentar dan share. Kelemahan berada pada komentar penonton yang menunjukkan komentar negatif, seperti adanya polarisasi, Adapun peluangnya Dimana ustadz Felix siauw seringkali berkolaborasi dengan YouTubers papan atas dalam penyebaran dakwah nya dan Adapun ancaman nya yaitu, semakin banyaknya pendakwah di era digital serta risiko penyalahpahaman pesan dakwah yang bisa berdampak negatif pada persepsi publik. Secara keseluruhan, strategi dakwah digital yang dilakukan oleh Ustadz Felix Siauw melalui YouTube terbukti cukup efektif dalam menarik views dan meningkatkan pemahaman keagamaan sebagian audiens.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Dakwah Muallaf, Ustadz Felix Siauw, YouTube |
| Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah |
| Depositing User: | kiki saleh |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 03:42 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 03:42 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11715 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
