Ilahi, Nurul (2025) Pengaruh Literasi Keuangan, Kepercayaan, dan Kemudahan Terhadap Minat Mahasiswa dalam Menggunakan ShopeePay di Kota Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2120203861211077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penggunaan ShopeePay sebagai salah satu metode pembayaran digital semakin meningkat, terutama di kalangan mahasiswa. Namun, minat mahasiswa di Kota Parepare untuk menggunakan ShopeePay masih dipengaruhi oleh berbagai faktor. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, kepercayaan, dan kemudahan terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan ShopeePay di Kota Parepare. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pengguna ShopeePay di Kota Parepare. Jumlah populasi tidak diketahui maka penentuan sampel menggunakan rumus Lemeshow dengan jumlah sampel 96. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Teknik pengolahan data menggunakan aplikasi Smart PLS 4, dengan analisis mencakup uji validitas konvergen, validitas diskriminan, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat menggunakan ShopeePay dengan nilai t-statistik sebesar 0,434 < 1,96 dan p-value 0,664 > 0,05. Variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai t-statistik 2,202 > 1,96 dan p-value 0,028 < 0,05. Kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai t-statistik 4,661 > 1,96 dan p-value 0,000 < 0,05. Hasil uji simultan menunjukkan nilai F-hitung sebesar 187,50 > F-tabel 2,70, yang berarti literasi keuangan, kepercayaan, dan kemudahan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan ShopeePay di Kota Parepare.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Kepercayaan, Kemudahan, Minat Menggunakan, ShopeePay.
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 16 Dec 2025 02:13
Last Modified: 16 Dec 2025 02:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11702

Actions (login required)

View Item View Item