Alimuddin, Andi Arnita (2025) Implementasi Teori Neoklasik dalam Peningkatan Profitabilitas Outlet Bakubeku Di Kota Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Teks Lengkap)
2120203861211049.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis dampak implementasi teori neoklasik dalam peningkatan profitabilitas outlet bakubeku di Kota Parepare. Teori neoklasik merupakan teori pertumbuhan penduduk untuk mengukur seberapa besar pendapatan atau tingkatan profitabilitas suatu wilayah berdasarkan pendapatan per kapita. Sejalan dengan teori neoklasik, hal inipun dapat diimplementasikan pada pengelolaan UMKM untuk meningkatkan profitabilitas usaha melalui indikator yang termaktub dalam teori neoklasik, yaitu Modal, Tenaga Kerja, dan Teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak penerapan teori neoklasik dalam meningkatkan profitabilitas outlet BakuBeku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di outlet BakuBeku Kota Parepare. Data yang digunakan meliputi data primer dari wawancara bersama pimpinan dan seluruh karyawan outlet, dan data sekunder dari dokumen terkait. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan modal yang diimplemetasikan yaitu pemetaan dan pembagian modal yang dilakukan diawal bulan, diantaranya pembagian modal kerja, pembagian gaji karyawan, pembagian dana darurat, dan pembagian kebutuhan pribadi. 2) Strategi pelayanan yang diimplementasikan oleh outlet BakuBeku yaitu 3S (Salam, Senyum, Sapa) memberikan dampak positif, dimana konsumen lebih tertarik melakukan pembelian secara berulang karena memiliki rasa kenyamanan dan keakraban yang besar kepada karyawan outlet BakuBeku. 3) Pemanfaatan teknologi yang diimplementasikan outlet BakuBeku memberikan implikasi positif yang besar terhadap profitabilitas outlet, dimana teknologi yang digunakan yaitu pemanfaatan media sosial sebagai media promosi outlet untuk menjangkau seluruh konsumen disemua kalangan tanpa mengenal jarak dan waktu.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | teori neoklasik, profitabilitas, UMKM |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah |
| Depositing User: | Asnita Asnita |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 04:07 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 04:07 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11669 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
