IZZULHAQ, MUKTI (2025) STRATEGI DAKWAH DALAM BISNIS THRIFTING DI KOTA PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (FULL TEXT)
19.3300.042.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
Abstract
2024. Strategi Dakwah Bisnis Thrifting Di Kota Parepare. Skripsi ini dibimbing oleh ibu Nurhikmah dan bapak Afidatul Asmar. Dakwah dalam bentuk berbisnis itu proses dari serangkaian kegiatan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kesadaran diri dari perilaku tidak baik untuk berperilaku yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan ( field research ) untuk memecahkan masalah yang diangkat dan dianalisis dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber informasi dari data primer yang diperoleh dari pebisnis thrifting, konsumen thfrifting di Kota Parepare sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, karya tulis, situs internet, skripsi ataupun pedoman penelitian lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dakwah yang diterapkan oleh pelaku bisnis di Kota Parepare yaitu kejujuran, berorientasi kepada pelanggan,dan kompetensi perilaku dakwah tersebut adalah perilaku yang diterapkan oleh Rasulullah SAWMematuhi etika bisnis dan melakukan hal yang benar adalah penting bagi semua pelaku bisnis, jika seorang pelaku bisnis tidak jujur dalam menjalankan usahanya maka usaha tersebut tidak akan bertahan lama apalagi sekarang maraknya toko online yang beredar di sosial media yang membuat konsumen harus berhati-hati sebelum melakukan pembelian.Kejujuran dilakukan untuk mencari ridho Allah,mengikuti jejak Rasulullah SAW, dan menjaga hubungan antar sesama manusia yang Dimana kejujuran akan mengantar kepada kebaikan, kebaikan mengantar kepada taqwa dan taqwa akan mengantar kepada surga Allah SWT. Selain itu bisnis yang sukses harus disertai dengan proses belajar agar bisa dikatakan kompeten, semua bisa di raih dengan kerja keras dan kesabaran.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Dakwah, Bisnis thrifting, |
| Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah |
| Depositing User: | kiki saleh |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 04:09 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 04:09 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11637 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
