Faradita, Udita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU “KUNIPA” PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2120203884206013.pdf] Text
2120203884206013.pdf

Download (20MB)

Abstract

UDITA FARADITA, Pengembangan Media Kartu “KUNIPA” Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP (dibimbing oleh Novia Anugra, M.Pd.) Penggunaan permainan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar, sehingga permainan juga berpotensi dijadikan sebagai sarana dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang serta mengembangkan sebuah produk berupa permainan kartu KUNIPA yang difungsikan sebagai media pembelajaran pada materi klasifikasi makhluk hidup, guna membantu peserta didik di SMP Negeri 1 Mattirobulu dalam memahami materi tersebut dengan lebih mudah. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE yang mencakup lima tahap utama: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Teknik analisis data yang diterapkan meliputi analisis terhadap validitas, kepraktisan, dan efektivitas produk. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa Kartu KUNIPA layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar, karena telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Dalam proses pengembangannya, permainan kartu ini memperoleh skor validitas sebesar 94% untuk aspek materi dan 93,5% untuk aspek media, keduanya termasuk dalam kategori "sangat valid". Penilaian terhadap kepraktisan diperoleh dari tanggapan guru dengan persentase sebesar 96,8% dan peserta didik dengan persentase sebesar 90,64%, yang juga berada dalam kategori "sangat praktis". Sementara itu, efektivitas media diukur menggunakan analisis normalitas gain (N-Gain), dengan rata-rata nilai sebesar 0,710 yang termasuk dalam kategori "tinggi". Dengan demikian media pembelajaran Kartu KUNIPA mampu memberikan peningkatan hasil belajar yang tinggi kepada peserta didik. Berdasarkan keseluruhan hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media serta respon guru dan peserta didik tersebut, media pembelajaran Kartu KUNIPA yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan serta dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran materi klasifikasi makhluk hidup di kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kartu KUNIPA, Klasifikasi Makhluk Hidup, ADDIE, R&D
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: nur indah fitriani
Date Deposited: 11 Dec 2025 03:44
Last Modified: 11 Dec 2025 03:44
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11634

Actions (login required)

View Item View Item