NURHIKMAWATI B, NURHIKMAWATI B (2025) PENGARUH KUALITASPRODUK CICIL EMAS TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) CABANG ENREKANG. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
2120203862201077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Beberapa tantangan yang dihadapi oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Enrekang dalam menghadirkan produk cicil emas yang benar-benar memenuhi harapan nasabah. Seperti halnya produk perbankan lainnya, keberhasilan produk cicil emas dalam menciptakan kepuasan nasabah sangat bergantung pada cara bank dapat mengelola hubungan dengan nasabah dan memastikan kualitas produknya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk cicil emas terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Enrekang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Total populasi sebanyak 169 orang dan sampel yang digunakan yaitu 63 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Hasil penelitian dengan teknik one sample T test. Pertama, kualitas produk cicil emas (X) diperoleh nilai 82% dengan t hitung-49,322 > t tabel 1,999, makaHoditolak Ha diterima. Kedua, kepuasan nasabah (Y) diperoleh nilai sebesar 81% t hitung-52,308 > t tabel 1,999, makaHoditolak Ha diterima. Hasil uji korelasi pearson diperoleh 0,690 menandakan bahwaterdapat hubungan yang kuat antara kualitas produk cicil emas dengan kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Enrekang. Diketahui r tabel 0,205 maka pearson correlation dalam penelitian ini bersifat positif dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka terdapat hubungan yang signifikan, maka kualitas produk cicil emas dengan kepuasan nasabah terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Hasil uji regresi linier sederhana diketahui angka koefisien regresi nilainya sebesar 0,640 maka penambahan 1% kualitas produk cicil emas, maka kepuasan nasabah akan meningkat sebesar 0,640. Hasil uji koefisien determinasi bahwa R square diperoleh 0,476 dengan tingkat hubungan moderat, memiliki arti bahwa 47,6% kepuasan nasabah (Y) dipengaruhi kualitas produk cicil emas (X) dan 52,4% dipengaruhi oleh variabel yang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk Cicil Emas, Kepuasan Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Lembaga Keungan Syariah
Depositing User: fatma fatmawati fatma
Date Deposited: 10 Dec 2025 09:05
Last Modified: 10 Dec 2025 09:05
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11610

Actions (login required)

View Item View Item