SAHARANI, FEBY ALFINA (2025) PENGARUH BIAYA UJRAH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH GADAI EMAS PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH UPS WATANG SAWITTO KABUPATEN PINRANG. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
Feby Alfina Saharani_2120203862201066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh biaya ujrah terhadap kepuasan nasabah gadai emas Pegadaian Syariah UPS Watang Sawitto, Untuk menganalisis pengaruh pelayanan terhadap kepuasan nasabah gadai emas Pegadaian Syariah UPS Watang Sawitto, Untuk menganalisis apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara biaya ujrah dengan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah gadai emas pegadaian syariah UPS Watang Sawitto. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field research). Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah gadai emas periode 31 Desember 2023 yang berjumlah 2296 nasabah. Sampel untuk penelitian ini adalah 96 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya ujrah berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi 0,004 < 0,05 dan t hitung 2,969 > t tabel 1,985 yang artinya H1 diterima. Selanjutnya, Kualitas pelayanan juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung 3,785 > t tabel 1,985 yang artinya H2 juga diterima. Selain itu, kedua variabel independen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai F hitung 38,340 > F tabel 3,09 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Biaya penitipan, Kualitas pelayanan, Kepuasan nasabah, Gadai Emas Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Lembaga Keungan Syariah
Depositing User: fatma fatmawati fatma
Date Deposited: 10 Dec 2025 08:26
Last Modified: 10 Dec 2025 08:26
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11606

Actions (login required)

View Item View Item