Maulidya, Wulan (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI CLASSPOINT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMPN 10 PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2020203884206021.pdf] Text
2020203884206021.pdf

Download (12MB)

Abstract

WULAN MAULIDYA, Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Classpoint Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMPN 10 Parepare (dibimbing oleh St. Humaerah Syarif dan Nur Yusaerah). Tujuan pendidikan akan menjadi optimal apabila aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan dan perkembangan. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik yaitu dengan pemilihan dan penggunaan media pembelajaran yang tepat, dan salah satu media pembelajaran yang mampu diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik adalah dengan menggunakan media presentasi classpoint. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan media presenyasi classpoint terhadap aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMPN 10 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Desain penelitian ini yaitu nonequivalent control grup design dan penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian dilakukan di SMPN 10 Parepare, populasi penelitian yaitu peserta didik kelas VIII yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 212 peserta didik dengan sampel penelitian kelas VIII.5 yang berjumlah 29 peserta didik dan kelas VIII.6 yang berjumlah 29 peserta didik. Teknik pengumpulaan data menggunakan angket dan observasi dengan instrumen angket aktivitas belajar sebanyak 20 pertanyaan, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis desktiptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh dari penggunaan media presentasi classpoint terhadap aktivitas belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 10 Parepare. Hal ini berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji independent sampel t test yang menunjukkan nilai sig (2 tailed) sebesar 0.000 < 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media presentasi classpoint terhadap aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMPN 10 Parepare.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Presentasi Classpoint, Aktivitas Belajar, IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: nur indah fitriani
Date Deposited: 10 Dec 2025 08:18
Last Modified: 10 Dec 2025 08:18
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11605

Actions (login required)

View Item View Item