Kasmawati, Kasmawati (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PHET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LISTRIK STATIS KELAS IX SMP NEGERI 4 ALLA. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2020203884206013.pdf] Text
2020203884206013.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kamawati. Pengaruh Penggunaan Media PhET Simulation Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Listrik Statis Kelas IX SMP Negeri 4 Alla (dibimbing oleh Nur Yusaerah dan Novia Anugra) Penggunaan media sangat penting untuk mengkoordinasikan dengan kegiatan pembelajaran. Media sifatnya mudah untuk digunakan pada semua tingkatan peserta didik serta pada kegiatan pembelajaran. tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media PhET Simulation terhadap hasil belajar peserta didik pada materi listrik statis kelas IX SMP Negeri 4 Alla. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Quasi eksperiment dengan menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Nonequivalen Control Group Desgin. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik IX SMP Negeri 4 Alla dengan sampel peserta didik kelas IX C sebagai kelas kontrol dan kelas IX D sebagai kelas eksperimen. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan hasil penelitian independent samples test dalam bagian Equal variances assumed pada kolom Levene’s Test for Equality of Variances diperoleh F = 0,420 dengan nilai Sig. 0,521 > 0,005 berarti varians populasi kedua sampel homogen. Dikarenakan data varians homogen maka dipilih baris bagian Equal variances assumed pada kolom bagian t-test for Equality of Means diperoleh nilai statistik t = 2,625 pada df 38 dengan Sig (2-tailed) 0,012 < 0,05 atau Ho ditolak dan H1 diterima dengan begitu dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi listrik statis yang menggunakan media PhET Simulation Kata Kunci :Hasil Belajar, Listrik Statis, Media PhET Simulation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: nur indah fitriani
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:45
Last Modified: 10 Dec 2025 07:45
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11600

Actions (login required)

View Item View Item