Risal S., Muhammad (2025) Analisis SWOT terhadap strategi peningkatan daya saing Penjualan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Percetakan Citra Wira Karya di Kota Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Teks Lengkap)
2020203861211060.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas terkait strategi peningkatan daya saing UMKM percetakan Citra Wira Karya dengan menggunakan analisis SWOT serta IFAS dan EFAS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi daya saing UMKM Percetakan Citra Wira Karya di Kota Parepare dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT. Fokus penelitian ini adalah apa saja Faktor Kekuatan, kelemahan, Peluang dan Ancaman Percetakan Citra Wira Karya? Serta strategi apa yang diimplementasikan oleh percetakan Citra Wirta Karya di Kota Parepare untuk meningkatkan daya saing. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan Kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini dengan menggunakan Analisis SWOT sera analisis IFAS EFAS menunjukkan bahwa UMKM ini memiliki kekuatan pada kualitas produk, pelayanan pelanggan, dan tingkat kepercayaan konsumen. Meski demikian, kelemahan seperti keterbatasan modal dan ketergantungan pada metode pemasaran tradisional perlu diatasi untuk meningkatkan daya saing. Faktor eksternal seperti digitalisasi pemasaran dan layanan pemesanan online menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan pasar. Penelitian ini menegaskan pentingnya inovasi produk, perluasan layanan digital, dan pengelolaan sumber daya yang efektif untuk menghadapi tantangan sekaligus memanfaatkan peluang di pasar yang terus berkembang.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Daya saing, UMKM, SWOT. |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah |
| Depositing User: | Asnita Asnita |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 07:45 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 07:45 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11599 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
