Syahrir, Sri Hidayanti (2024) PENGEMBANGAN MEDIA HERBIS (HERBARIUM BERBASIS SCRAPBOOK) INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2020203884206010.pdf] Text
2020203884206010.pdf

Download (12MB)

Abstract

SRI HIDAYANTI SYAHRIR. Pengembangan Media Herbis (Herbarium Berbasis Scrapbook) Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA (dibimbing oleh Novia Anugra dan Imranah) Penelitian ini berfokus kepada Pengembangan Media Herbis (Herbarium Berbasis Scrapbook) Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Dalam penelitian ini membahas masalah proses pengembangan media Herbis Interaktif, kevalidan media , kepraktisan media, dan keefektifan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media herbis interaktif, kevalidan media herbis interaktif, kepraktisan dan keefektifan media herbis interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan Jenis penelitian ADDIE. Model ADDIE merupakan model pengembangan media pembelajaran yang memiliki tahapan-tahapan yang sistematis adanya evaluasi di setiap langkah tahapan, sehingga dapat menghasilkan produk yang valid, praktis, dan efektif. Mekanisme pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menerapkan uji kevaliditasan data, uji kepraktisan data dan uji keefektifan data. Hasil Penelitian menunjukkan 1) proses pengembangan media Herbis (Herbarium Berbasis Scrapbook) Interaktif melalui berbagai tahapan berawal dari analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi); 2) Kevalidasian media Herbis (Herbarium Berbasis Scrapbook) Interaktif berada pada kategori sangat valid dengan persentase 94,67%; 3) Kepraktisan Media Herbis (Herbarium Berbasis Scrapbook) Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA SMP Negeri 24 Barru berdasarkan respon pendidik berada pada kategori sangat praktis dengan persentase 93,33% dan respon peserta didik berada pada kategori sangat praktis dengan persentase 90,62%; 4) Keefektifan media Media Herbis (Herbarium Berbasis Scrapbook) Interaktif dinilai efektif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran IPA karena melalui angket motivasi belajar rata-rata persentase peningkatan motivasi sebesar 54,20% berada pada kategori sangat efektif. Sedangkan nilai skor N-Gain yang diperoleh sebesar 0,85 yang jika dikategorikan mengalami peningkatan secara tinggi. Kata Kunci : Herbarium, scrapbook , Media Pembelajaran, Model ADDIE

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: nur indah fitriani
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:34
Last Modified: 10 Dec 2025 07:34
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11597

Actions (login required)

View Item View Item