AMERIDA, AYU AMERIDA (2025) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BOARD GAME BERBASIS WHO IS IT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS X MAS MA’HAD DDI PANGAKAJENE SIDRAP. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.
|
Text (FULL TEXT)
2120203888204051.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
Penerapan Media Pembelajaran Board Game Berbasis Who Is It Untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas X MAS Ma’had DDI Pangkajene Sidrap (Dibimbing oleh Muhammad Irwan). Media pembelajaran board game berbasis who is it dalam pembelajaran bahasa Arab merupakan media yang menekankan pada keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran melalui permainan yang menyenangkan dan interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan penerapan media pembelajaran board game berbasis who is it dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X MAS Ma’had DDI Pangkajene Sidrap, (2) mengetahui minat belajar bahasa Arab peserta didik sebelum dan setelah penerapan media pembelajaran board game berbasis who is it dan (3) mendeskripsikan apakah terjadi peningkatan minat belajar peserta didik kelas X MAS Ma’had DDI Pangkajene Sidrap. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penerapan media pembelajaran board game berbasis who is it dalam penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus tindakan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di mana setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik sebelum penerapan media berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor 60,39. Setelah dilakukan tindakan, minat belajar meningkat signifikan dengan rata-rata skor menjadi 90,42, yang menunjukkan kategori tinggi. Peningkatan tersebut diperkuat melalui perhitungan menggunakan rumus N-Gain, dengan nilai rata-rata sebesar 0, 7 yang termasuk dalam kategori Tinggi Hasil ini menunjukkan adanya selisih yang mencerminkan peningkatan minat belajar antara hasil pretest dan posttest.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Media Pembelajaran, Board Game, Who Is It, Minat Belajar, Bahasa Arab |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | kiki saleh |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 07:33 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 07:33 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
