Rokib, Irma Sari (2024) PENGEMBANGAN KOMPAS (KOMIK IPA SMP) INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text
2020203884206005 .pdf Download (6MB) |
|
|
Text
2020203884206005 .pdf Download (6MB) |
Abstract
IRMA SARI ROKIB. Pengembangan KOMPAS (Komik IPA SMP) Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. (dibimbing oleh ibu Fajriyani, M. Si. dan ibu Imranah, M. Pd.) Penelitian ini berfokus pada pengembangan KOMPAS (Komik IPA SMP) Interaktif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia. Dalam penelitian ini membahas masalah bagaimana pengembangan media KOMPAS (Komik IPA SMP), kevalidan media , kepraktisan media, dan keefektifan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media KOMPAS (Komik IPA SMP), kevalidan KOMPAS (Komik IPA SMP) Interaktif, kepraktisan dan keefektifan media KOMPAS (Komik IPA SMP) Interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Developmen (R&D) dengan model penelitian 4D. Model 4D merupakan model pengembangan perangkat pembelajaran yang tersistematis dimulai dari tahap pendefenisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Mekanisme pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menerapkan uji kevaliditasan data, uji kepraktisan data, dan uji keefektifan data. Hasil Penelitian menunjukkan 1) pengembangan KOMPAS (Komik IPA SMP) Interaktif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia melalui berbagai tahapan berawal dari define (pendeskripsian), design (pembuatan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran); 2) Kevalidasian KOMPAS (Komik IPA SMP) Interaktif berada pada kategori sangat valid dengan persentase 94% 3) Kepraktisan KOMPAS (Komik IPA SMP) Interaktif berada pada kategori sangat praktis dengan persentase 86%; 4) keefektifan KOMPAS (Komik IPA SMP) Interaktif berada pada kategori sangat praktis dengan persentase 86,16%; 4) Keefektifan KOMPAS (Komik IPA SMP) Interaktif dinilai efektif untuk dijadikan sumber belajar Biologi karena nilai skor N-Gain yang diperoleh sebesar 0,72 yang jika dikategori mengalami peningkatan secara efektifitas tinggi. Kata Kunci: KOMPAS (Komik IPA SMP) Interaktif, Media Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar, Model 4D
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA |
| Depositing User: | nur indah fitriani |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 06:17 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 06:17 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
