BURHAN, MARDATILLAH (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS RUMAH ADAT TORAJA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI TEKANAN KELAS IX SMP. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2020203884206003.pdf] Text
2020203884206003.pdf

Download (17MB)
[thumbnail of 2020203884206003.pdf] Text
2020203884206003.pdf

Download (17MB)

Abstract

MARDATILLAH BURHAN. Pengembangan E-modul Pembelajaran Berbasis Etnosains Rumah Adat Toraja pada Pembelajaran IPA Materi Tekanan Kelas IX SMP. (dibimbing oleh St. Humaerah Syarif dan Fajriyani) Penelitian ini mengembangkan bahan ajar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi tekanan zat padat dalam bentuk e-modul pembelajaran berbasis etnosains rumah adat Toraja pada pembelajaran IPA kelas IX SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun menjadi subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX.6 SMPN 1 Parepare yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data meliputi teknik angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan e-modul dilakukan melalui tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, dengan menekankan integrasi unsur etnosains dalam konsep tekanan zat padat; (2) hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul memiliki tingkat kevalidan yang sangat baik, dengan skor ahli materi 1 sebesar 86,25% (sangat valid), ahli materi 2 sebesar 88,75% (sangat valid), ahli media 1 88,04% (sangat valid), ahli media 2 95,65% (sangat valid), dan ahli bahasa 97,5% (sangat valid); (3) kepraktisan e-modul berdasarkan respon guru dan siswa memperoleh skor respon guru sebesar 88,19% (sangat praktis) dan penilaian respon siswa sebesar 90% (sangat praktis), menunjukkan bahwa e-modul mudah digunakan dan dipahami; dan (4) keefektifan e-modul ditunjukkan melalui peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,67 yang masuk dalam kategori efektifitas sedang, sehingga menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep tekanan zat padat dalam pelajaran IPA. Hal ini menunjukkan e-modul pembelajaran berbasis etnosains rumah adat Toraja dapat digunakan sebagai bahan ajar yang valid, praktis, dan memiliki efektivitas pada kategori sedang dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi tekanan zat padat. Kata Kunci: E-modul, Etnosains, Model ADDIE, Rumah adat toraja, Tekanan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: nur indah fitriani
Date Deposited: 10 Dec 2025 05:56
Last Modified: 10 Dec 2025 05:56
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11584

Actions (login required)

View Item View Item