Ashar, Ashar (2025) PENERAPAN MODEL SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN MUFRADAT SISWA KELAS VIII MTS DDI TAPANDULLU KAB MAMUJU. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.
|
Text (FULL TEXT)
2120203888204022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Penerapan Model Scramble dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Mufradat Siswa Kelas VIII di MTs DDI Tapandullu Kabupaten Mamuju. (Dibimbing oleh Bapak Saepudin) Model Scramble merupakan model pembelajaran aktif yang menekankan keterlibatan siswa secara langsung melalui permainan susun kata atau kalimat yang dirancang untuk meningkatkan partisipasi, daya ingat, dan pemahaman materi. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana motivasi belajar siswa sebelum diterapkan model Scramble dalam pembelajaran Bahasa Arab di Kelas VIII MTs DDI Tapandullu? 2) Bagaimana penguasaan mufradat siswa sebelum diterapkan model Scramble dalam pembelajaran Bahasa Arab di Kelas VIII MTs DDI Tapandullu? 3) Bagaimana motivasi belajar siswa setelah diterapkan model Scramble dalam pembelajaran Bahasa Arab di Kelas VIII MTs DDI Tapandullu? 4) Bagaimana penguasaan mufradat siswa setelah diterapkan model Scramble dalam pembelajaran Bahasa Arab di Kelas VIII MTs DDI Tapandullu? 5) Apakah terdapat peningkatan penguasaan mufradat dan motivasi belajar setelah penerapan model Scramble dalam pembelajaran Bahasa Arab di Kelas VIII MTs DDI Tapandullu? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket motivasi belajar, tes penguasaan mufradat dalam bentuk pre-test dan post-test, serta lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Scramble efektif meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan mufradat siswa. Sebelum diterapkan model Scramble, sebagian besar siswa berada pada kategori motivasi belajar cukup (64,3%) dan kurang (35,7%), serta penguasaan mufradat cukup (78,6%) dan kurang (21,4%). Setelah penerapan model Scramble, motivasi belajar meningkat menjadi kategori baik (78,6%) dan sangat baik (21,4%), sedangkan penguasaan mufradat meningkat menjadi kategori baik (92,9%) dan sangat baik (7,1%). Temuan ini diperkuat oleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara - hasil pre test dan post-test, yang membuktikan bahwa model Scramble efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Model Scramble, Motivasi Belajar, Penguasaan Mufradat |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | kiki saleh |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 05:37 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 05:37 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11581 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
