YANTI, RISKA (2025) PENGARUH INOVASI TEKNOLOGI DALAM PENERIMAAN NASABAH TERHADAP KUALITAS LAYANAN KEUANGAN BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KCP PINRANG. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
2120203862201084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital cepat mengubah layanan keuangan syariah di BSI KCP Pinrang. Meskipun inovasi seperti mobile banking dan aplikasi Byond telah diterapkan, tantangan penerimaan dan kepuasan nasabah terkait keamanan, kemudahan, dan fitur layanan masih ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi teknologi dalam penerimaan nasabah terhadap kualitas layanan keuangan BSI KCP Pinrang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner pada 100 nasabah BSI KCP Pinrang. Data dianalisis menggunakan SPSS dengan uji validitas, reliabilitas, uji regresi linear sederhana, uji korelasi Pearson, serta uji hipotesis One Sample t-test untuk mengetahui pengaruh inovasi teknologi terhadap penerimaan layanan keuangan syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penerimaan inovasi teknologi berada pada kategori sangat baik, dengan skor sebesar 85.31% dari total skor ideal. Kualitas layanan keuangan berada pada kategori baik, dengan skor sebesar 75.29%. Namun, uji korelasi Pearson menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara inovasi teknologi dengan kualitas layanan keuangan, dengan nilai korelasi sebesar 0.046 dan signifikansi 0.652. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa inovasi teknologi memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kualitas layanan, dengan nilai koefisien regresi sebesar -0.279 dan R² sebesar 0.125, yang berarti hanya 12.5% variasi dalam kualitas layanan keuangan dapat dijelaskan oleh inovasi teknologi. Oleh karena itu, diperlukan penguatan dalam implementasi teknologi yang dibarengi dengan peningkatan kompetensi sumber daya manusia dan pelayanan berbasis kebutuhan nasabah agar inovasi yang dilakukan benar-benar berdampak pada kualitas layanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inovasi Teknologi, Layanan Keuangan Syariah, Penerimaan Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Lembaga Keungan Syariah
Depositing User: fatma fatmawati fatma
Date Deposited: 10 Dec 2025 05:06
Last Modified: 10 Dec 2025 05:06
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11578

Actions (login required)

View Item View Item