HARIYANTO, HUMAERA (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMPN 8 PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.84206.006.pdf] Text
19.84206.006.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 19.84206.006.pdf] Text
19.84206.006.pdf

Download (8MB)

Abstract

Humaera Hariyanto Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 8 Parepare (dibimbing oleh Abdullah Thahir dan Novia Anugra). Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh metode pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 8 Parepare. Adapun tujuan yang hendak dicapai pada penelitian yakni: ( 1) untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode pembelajaran Outdoor Learning terhadap hasil belajar IPA kelas VII SMP Negeri 8 Parepare. Penelitian ini menerapkan pendekatan yang bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi eksperimen (eksperimen semu) berbasis desain The nonequivalent control group design . Jumlah populasi peserta didik yang diperoleh sebanyak 98 orang, adapun teknik sampling yang yang diterapkan adalah Purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 49 sampel. Data yang diperoleh diamati melalui instrumen tes (pretest dan posttest) yang dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan metode outdoor learning terbukti berdampak positif terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam karena melihat hasil uji hipotesis yang membuktikan nilai signifikansi < 0,05. Nilai signifikan dari penelitian tersebut adalah 0,001, yang lebih kecil dari 0,05. Ini berarti bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Pembelajaran, Outdoor Learning, dan Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: nur indah fitriani
Date Deposited: 10 Dec 2025 03:48
Last Modified: 10 Dec 2025 03:48
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11576

Actions (login required)

View Item View Item