Dhea, Nur Fatira (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII UPTD SMP NEGERI 1 PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.84206.013.pdf] Text
18.84206.013.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 18.84206.013.pdf] Text
18.84206.013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dhea Nur Fatira, Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada pembelajaran IPA kelas VII UPTD SMP Negeri 1 Parepare. (Dibimbing Bapak Muhammad Ahsan M.Si) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII pada pembelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan model pembelajaran kontekstual dan mengatasi masalah masalah yang muncul dalam kelas. Metode ini dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Keempat tahapan tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan sebanyak 22%. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus yang telah dilakukan. Pada siklus I rata-rata presentase kemampuan berpikir peserta didik yaitu 63% dengan kriteria meningkat. Sementara pada siklus II rata-rata presentase kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu 85% dengan kriteria meningkat sesuai harapan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA Kata kunci : Model Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: nur indah fitriani
Date Deposited: 10 Dec 2025 03:41
Last Modified: 10 Dec 2025 03:41
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11574

Actions (login required)

View Item View Item