IMBO, RAHMI (2025) KUALITAS LAYANAN ISLAMI DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH DI BANK MUAMALAT KC PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Full Teks)
2120203862201082.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Kualitas pelayanan Islami adalah tingkat keunggulan produk maupun jasa yang diharapkan atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan konsumen yang sesuai dengan syariat agama Islam. Salah satu tantangan terbesar dalam bisnis di era global adalah menciptakan dan mempertahankan pelanggan yang puas dan loyal. Tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas pelayanan islami dalam meningkatkan kepuasan nasabah di Bank Muamalat KC Parepare dan mengetahui kendala apa saja yang ada pada layanan Islami dalam penyajian di Bank Muamalat. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian berfokus pada strategi pelayanan Customer Service dan teller dalam meningkatkan kepuasan nasabah Bank Muamalat KC Parepare. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan memanfaatkan dokumentasi sebagai pendukung. Data di analisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, serta melakukan uji keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas, reliabilitas, dan objektivitas. Data bersumber dari Supervisor, Costumer Service, Teller, dan Nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bank Muamalat berhasil memadukan profesionalisme dan spiritualitas dalam pelayanan, yang tidak hanya memenuhi kebutuhan nasabah secara fungsional, tetapi juga memberikan nilai tambah moral dan religius. 2) Pelayanan di Bank Muamalat KC Parepare telah menunjukkan komitmen terhadap prinsip syariah dan nilai Islami melalui pelayanan yang empatik dan penerapan akad syariah, namun masih menghadapi kendala seperti keterlambatan penanganan keluhan, dan pemahaman yang belum merata di kalangan karyawan.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan, Layanan Islami, Kepuasan Nasabah, Bank Muamalat. |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Lembaga Keungan Syariah |
| Depositing User: | fatma fatmawati fatma |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 02:51 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:51 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
