Indriani, Hastuti (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB DI KELAS X MA AL-ARSYAD DUNGKAIT KAB. MAMUJU. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
2120203888204019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab di Kelas X MA Al-Arsyad Dungkait Kab. Mamuju. (Dibimbing oleh Ali Rahman) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab siswa kelas X MA Al-Arsyad Dungkait Kab. Mamuju. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana kemampuan berbahasa Arab siswa sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together, (2) Bagaimana kemampuan berbahasa Arab siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together, (3) Apakah terdapat perbedaan kemampuan berbahasa Arab peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes (pre-test dan post-test), treatment, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian sebanyak 15 peserta didik kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa Arab siswa sebelum diberikan treatment berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata pretest sebesar 35,40 dan standar deviasi 12,028. Setelah diterapkan model numbered heads together, nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 72,00 dengan standar deviasi 10,049. Hasil uji statistik Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0.000 (≤ 0.05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif numbered heads together efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab peserta didik, khususnya dalam keterampilan berbicara (maharah kalam) kelas X Madrasah Aliyah Al-Arsyad Dungkait Kab. Mamuju.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Numbered Heads Together, Kemampuan Berbahasa Arab
Subjects: 09 ENGINEERING > 0999 Other Engineering > 099901 Agricultural Engineering
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: kiki saleh
Date Deposited: 10 Dec 2025 00:47
Last Modified: 10 Dec 2025 00:47
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11562

Actions (login required)

View Item View Item