FAHMI, NUR (2025) IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB: STUDI KASUS KEMAMPUAN KOSAKATA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS DDI WALIMPONG KAB. SOPPENG. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
2120203888204009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Implementasi Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Studi Kasus Kemampuan Kosakata Peserta Didik Kelas VIII MTs DDI Walimpong Kab. Soppeng (Dibimbing oleh Bapak Ali Rahman). Model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab merupakan model yang menekankan pada keterlibatan aktif peserta didik dalam menemukan sendiri makna atau konsep melalui proses eksplorasi dan penemuan. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan implementasi model discovery learning dalampembelajaran kosakata pada peserta didik kelas VIII MTs DDI Walimpong Kab. Soppeng, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi model discovery learning dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab kelas VIII MTs DDI Walimpong Kab. Soppeng, (3) mendeskripsikan solusi dalam mengatasi hambatan kemampuan kosakata peserta didik melaui model discovery learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan metode studi kasus dan mengambil latar belakang di MTs DDI Walimpong Kab. Soppeng. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan peserta didik kelas VIII MTs DDI Walimpong. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi model discovery learning dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab telah diterapkan, namun belum optimal. Hal ini terlihat pada tahap stimulation, dimana guru langsung memberikan video kosakata beserta artinya, yang kurang relevan dengan prinsip dasar discovery learning yang menekankan penemuan mandiri. (2) Penerapan model ini memiliki faktor penghambat seperti kemampuan kosakata peserta didik yang berbeda-beda dan minat belajar yang kurang. (3) Sebagai solusi dalam mengatasi hambatan kemampuan kosakata peserta didik, guru melakukan berbagai cara dengan melakukan penyesuaian metode pembelajaran dengan memberikan kegiatan eksploratif dan melibatkan peserta didik secara aktif untuk meningkatkan kemampuan kosakata peserta didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Model Discovery Learning, Pembelajaran Bahasa Arab, Kemampuan Kosakata
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080603 Conceptual Modelling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: kiki saleh
Date Deposited: 10 Dec 2025 00:17
Last Modified: 10 Dec 2025 00:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11558

Actions (login required)

View Item View Item