HATIMA, HUSNUL (2025) PREFERENSI NASABAH DALAM MEMILIH PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK SULSELBAR KCPS PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
HUSNUL HATIMAH_ 2120203862201041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Preferensi nasabah merupakan sikap nasabah yang menginginkan suatu produk atau jasa berdasarkan kemampuan yang dimiliki untuk memberikan nilai kepuasan terhadap apa yang dibeli atau yang ditawarkan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi preferensi nasabah dalam memilih pembiayaan murabahah pada PT. Bank Sulselbar KCPS Parepare dan Bagaimana tingkat preferensi nasabah dalam memilih pembiayaan murabahah yang ditawarkan oleh PT. Bank Sulselbar KCPS Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan diperoleh dari data pimer dan sekunder. teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data melalui triangulasi teknik untuk menguji kredibilitas serta analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi nasabah dalam memilih pembiayaan murabahah pada PT. Bank Sulselbar KCPS Parepare yakni: faktor kebutuhan dan keinginan nasabah, yang meliputi pemilihan produk pembiayaan karena keadaan ekonomi maupun karena sesuai dengan pekerjaan dan pendapatan yang menggunakan teori kepuasan (Utility), serta faktor pengalaman berdasarkan keluarga, teman, dan orang sekitar yang menggunakan produk pembiayaan murabahah yang membentuk keyakinan dan pada akhirnya memengaruhi perilaku nasabah dalam pengambilan keputusan sesuai Theory of Planned Behavior (TPB). Sedangkan tingkat preferensi nasabah dalam memilih pembiayaan murabahah yang ditawarkan oleh PT. Bank Sulselbar KCPS Parepare didasarkan pada beberapa faktor utama yaitu kesesuaian dengan prinsip syariah, harga, word of mouth, promosi/ iklan, kualitas layanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Preferensi Nasabah, Pembiayaan Murabahah dan Bank Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Lembaga Keungan Syariah
Depositing User: fatma fatmawati fatma
Date Deposited: 10 Dec 2025 00:04
Last Modified: 10 Dec 2025 00:04
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11555

Actions (login required)

View Item View Item