ASNAINI C, AR. IZZATIL JANNAH (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PESERTA DIDIK MAN 1 MAMUJU. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
2020203888204037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Peserta Didik MAN 1 Mamuju (Dibimbing oleh Herdah dan Muhammad Irwan) Kurikulum merdeka merupakan hasil evaluasi dari kurikulum 2013 yang dirilis oleh Kemendikbudristek untuk pemulihan dan peningkatan pembelajaran peserta didik di sekolah. Kurikulum merdeka merupakan bentuk kebebasan yang diberikan kepada sekolah, pendidik, dan peserta didik untuk lebih berinvoasi, kreatif, mandiri dalam belajar dan mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan bentuk perencanaan pembelajaran kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab peserta didik MAN 1 Mamuju, (2) mendeskripsikan bentuk pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab peserta didik MAN 1 Mamuju, (3) mendeskripsikan bentuk evaluasi pembelajaran kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab peserta didik MAN 1 Mamuju, guna mengetahui apakah implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Mamuju sudah terlaksana dengan baik sesuai konsep, aturan, dan tahapan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan mengambil latar belakang di MAN 1 Mamuju. Subjek dalam penelitian ini adalah wakamad bidang Kurikulum, guru bahasa arab dan peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang peneliti gunakan adalah melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Guru bahasa Arab di MAN 1 Mamuju telah mengaplikasikan secara menyeluruh alur atau tahapan dalam menyusun perencanaan pembelajaran atau perangkat pembelajaran berbasis kurikulum merdeka sesuai dengan konsep kurikulum merdeka. 2) Proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di kelas berbasis kurikulum merdeka di MAN 1 Mamuju telah terlaksana secara sistematis sesuai dengan tahapan konsep kurikulum merdeka, walaupun terdapat kendala kurangnya minat belajar bahasa Arab peserta didik. 3) Proses evaluasi pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Mamuju menggunakan dua macam asesmen yaitu asesmen formatif dan asesmen sumatif sesuai dengan konsep kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: kiki saleh
Date Deposited: 09 Dec 2025 07:43
Last Modified: 09 Dec 2025 07:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11547

Actions (login required)

View Item View Item