Saleh, Saleh (2025) ANALISIS PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-RISALAH BATETANGNGA KAB. POLMAN. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.
|
Text (FULL TEXT)
2020203888204030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Analisis Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Al-Risalah Batetangnga Kab.Polman. (dibimbing oleh Ibu Hj. Darmawati) Pembelajaran kitab kuning merupakan inti dari kurikulum pesantren tradisional yang bertujuan melestarikan warisan intelektual ulama salaf sekaligus membentuk karakter santri yang kritis dan berakhlak mulia. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Al-Risalah Batetangnga, Kabupaten Polewali Mandar, yang menggabungkan metode tradisional seperti sorogan, bandongan, dan halaqah dengan pendekatan modern berbasis konstruktivisme. Latar belakang penelitian ini dilandasi kebutuhan untuk memahami bagaimana metode pengajaran, faktor pendukung dan penghambat, serta evaluasi pembelajaran kitab kuning memengaruhi pemahaman santri. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan pesantren yang relevan dengan tantangan zaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalu i observasi langsung dalam proses belajar mengajar, wawancara mendalam dengan pengajar, santri, dan pengelola pesantren, serta analisis dokumen pendukung seperti kurikulum dan materi ajar. Teknik analisis data meliputi reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan untuk memahami pola dan dinamika pembelajaran kitab kuning. Pendekatan ini dipilih karena mampu menggali pengalaman, persepsi, dan interaksi sosial dalam proses belajar secara komprehensif, sekaligus memotret kekhasan praktik pendidikan di pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kitab kuning di Pesantren Al-Risalah dilakukan secara berjenjang melalui metode tabaqah, Qur’ani, hingga pendalaman kitab fiqih seperti Fath al-Qarib. Faktor pendukung utama adalah lingkungan belajar yang kondusif, motivasi santri, dan sanad keilmuan yang kuat. Namun, kendala muncul pada latar belakang santri yang beragam, kurangnya media pembelajaran modern, dan budaya belajar yang masih pasif pada sebagian santri. Evaluasi dilakukan secara berkala melalui tes lisan, tulisan, dan praktik, dengan hasil mayoritas santri memahami dasar-dasar kitab kuning meskipun sebagian masih perlu pendampingan intensif untuk mencapai pemahaman mendalam.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kitab kuning, pesantren, sorogan, bandongan, konstruktivisme |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | kiki saleh |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 07:32 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 07:32 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11546 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
