Khaeriah, Khaeriah (2025) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB YANG BERLATAR PENDIDIKAN UMUM KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.
|
Text (FULL TEXT)
19.1200.023.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Problematika Pembelajaran Bahasa Arab yang Berlatar Pendidikan Umum Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Parepare, (Dibimbing Oleh Herdah dan Muhammad Irwan). Mempelajari bahasa Arab bukanlah hal yang mudah, banyak problematika yang dihadapi dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Problematika yang dimaksud dalam penelitian ini adalah problematika pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Parepare.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika dalam pembelajaran Bahasa Arab pada peserta didik kelas X dan mengetahui upaya dalam mengatasi problematika pembelajaran Bahasa Arab pada peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif.Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu, data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1)Proses pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Parepare umumnya mengikuti standar kurikulum yang ditetapkan oleh Kementerian Agama dan disesuaikan dengan kebutuhan serta karakteristik peserta didik. Proses pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Parepare yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan metode pembelajaran bahasa Arab. 2) Problematika pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Parepare yaitu kesulitan dalam menguasai keterampilan bahasa arab, kurangnya minat dan motivasi peserta didik, waktu belajar yang singkat dan metode pembelajaran. 3) Upaya dalam mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab pada peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Parepare yaitu Pemberian motivasi atau pembiasaan dan penerapan metode pembelajaran yang inovatif.Upaya yang menyeluruh dan terintegrasi ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan kemampuan bahasa Arabpeserta didik.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Problematika, Pembelajaran Bahasa Arab, Berlatar Pendidikan Umum |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | kiki saleh |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 06:48 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 06:48 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11541 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
