Resi, Muslimin (2025) PENGGUNAAN METODE HIWAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-MUSTAQIM KOTA PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
18.1200.035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penggunaan metode hiwar dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab siswa Madrsah Aliyah Pondok Pesantren Al-Mustaqim kota Parepare , (dibimbing oleh kaharuddin dan Iqbal Hasanuddin) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode hiwar dapat digunakan untuk membantu santri Pondok Pesantren Al-Mustaqim Kota Parepare dalam belajar berbicara bahasa Arab, serta mengetahui faktor-faktor yang memudahkan dan menghambat penggunaan metode hiwar dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Metodologi penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang menggunakan teknik kualitatif dari sumber primer dan sekunder. Wawancara, observasi, dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan untuk memperoleh data. Uji validitas data dan prosedur triangulasi data digunakan sebagai metode analisis data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan metode Hiwar dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab pada siswa Pondok Pesantren Al-Mustaqim Kota Parepare secara teori telah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkahnya, yaitu memilih tema atau topik yang mudah, sedang, dan menantang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penerapan metode Hiwar dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab terdiri dari kegiatan perencanaan atau persiapan, kegiatan pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Bakat, minat siswa, buku teks, dan guru semuanya mendukung penerapan metode Hiwar untuk mengajarkan berbicara bahasa Arab. Kosakata atau mufrodat, kurangnya rasa percaya diri siswa, kurangnya ketertiban, dan lingkungan sekitar merupakan hal-hal yang menghambat mereka. 3) Upaya untuk mengatasi tantangan ini meliputi memberi kesempatan kepada siswa untuk menghafal terminologi atau mufrodat sebelum kelas dimulai, memberikan dorongan dan bantuan, dan mencapai konsensus dengan siswa untuk menjaga ketertiban dan berbicara bahasa Arab di kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Metode Hiwar, Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: kiki saleh
Date Deposited: 09 Dec 2025 06:41
Last Modified: 09 Dec 2025 06:41
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11540

Actions (login required)

View Item View Item