Dinah, Khasyatillah (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI 1 KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.
|
Text (FULL TEXT)
18.1200.013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VIII MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang (dibimbing oleh Muh. Iqbal Hasanuddin dan Ali Rahman). Pembelajaran kooperatif adalah suatu pola pembelajaran yang berbentuk kelompok-kelompok kecil yang memungkinkan adanya kerja sama antar peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. STAD (Student Teams Achievement Division) adalah strategi pembelajaran kooperatif dimana para peserta didik dikelompokkan kecil dengan beberapa jumlah anggota kelompok 4-5 peserta didik. Hasil belajar merupakan suatu proses untuk mengetahui atau mengukur keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran bahasa Arab, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran bahasa Arab dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas VIII MTs Negeri 1 Kabupaten Sidenreng Rappang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental. Desain penelitian yang digunakan ialah penelitian One Group Pre-test Post-test. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 21 dari 35 peserta didik yang menjadi populasi pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan, tes, pretest-posttest dan dokumentasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Sementara jenis penelitiannya yaitu pre-experimental dalam bentuk one-group pretest-postes design. Sampel penelitian menggunakan teknik sampel random sampling yakni pemilihan kelas sampel secara acak menggunakan nomor undian sebanyak 31 dari 263 populasi pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, treatment dokumentasi. sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan bantuan software SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan perlakuan (treatment) kepada peserta didik menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) menghasilkan nilai rata-rata mencapai 88,55. Dimana sebelum diterapkan (treatment) pre-test peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 43,23. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) media gambar flash card dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab peserta didik Kelas VIII MTs. Negeri 1 Sidenreng Rappang terbukti efektif, karena terdapat peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis Paired Samples tes yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis tersebut diterima.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, STAD, Hasil Belajar |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | kiki saleh |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 06:09 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 06:09 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11536 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
