HARDIANTO, HARDIANTO (2025) STRATEGI DAKWAH WAHDAH ISLAMIYAH BERBASIS MEDIA SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN AGAMA MASYARAKAT DI MAMUJU. Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
2220203870133014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Strategi Dakwah Wahdah Islamiyah Berbasis Media Sosial terhadap Peningkatan Pemahaman Agama Masyarakat di Mamuju. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Dakwah Wahdah Islamiyah Berbasis Media Sosial terhadap Peningkatan Pemahaman Agama Masyarakat di Mamuju. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yakni penelitian yang memberikan gambaran tentang stimulasi dan kejadian faktual dan sistematis. Penelitian ini menyajikan data deskriptif berupa data tertulis atau lisan dari informan dan perilaku yang akan diamati, karena peneliti bertujuan untuk memberikan pandangan yang lengkap dan mendalam mengenai subjek yang diteliti. Penelitian kualitatif, lebih mengutamakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1). Pemahaman agama Islam masyarakat di Mamuju, sebagai daerah dengan mayoritas penduduk Muslim, umumnya menunjukkan beberapa karakteristik yang beragam. Secara umum, pemahaman agama Islam di Mamuju berada pada tingkat yang cukup baik, dengan praktik ibadah yang masih kuat di tengah masyarakat. Kegiatan keagamaan yang rutin serta peran ulama dan lembaga dakwah turut memperkuat pemahaman agama Islam. (2) Strategi dakwah berbasis media sosial Wahdah Islamiyah di Mamuju berfokus pada pemanfaatan platform digital secara optimal dengan konten yang menarik, relevan, dan edukatif. Wahdah Islamiyah menggunakan beberapa platform media sosial utama, seperti: Facebook, Instagram, YouTube, TikTok, dan WhatsApp. (3) Wahdah Islamiyah Mamuju menghadapi sejumlah tantangan dalam memanfaatkan media sosial, mulai dari akses internet yang terbatas, literasi digital rendah, persaingan konten, hingga keterbatasan SDM dan pendanaan. Namun, dengan solusi seperti pelatihan tim media, produksi konten kreatif, dan pendekatan dakwah yang kontekstual, tantangan ini dapat diatasi. Penelitian mengungkap beberapa temuan penting terkait efektivitas penggunaan media sosial dalam aktivitas dakwah oleh Wahdah Islamiyah di wilayah Mamuju. Temuan-temuan tersebut meliputi: Pemanfaatan media sosial sebagai sarana dakwah. Peningkatan interaksi dan partisipasi masyarakat. Efektivitas dalam meningkatkan pemahaman agama. Tantangan dalam pengelolaan konten. Hasil penelitian diketahui bahwa strategi dakwah Wahdah Islamiyah dapat meningkatkan pemahaman agama pada masyarakat Mamuju. Perlunya kolaborasi dengan tokoh masyarakat dan ulama lokal. Melibatkan tokoh agama, pemuda, dan pemimpin lokal dalam kegiatan dakwah agar pesan yang disampaikan lebih mudah diterima dan diaplikasikan di tengah masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah, Wahdah Islamiyah, Media Sosial
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160807 Sociological Methodology and Research Methods
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: fatma fatmawati fatma
Date Deposited: 13 Nov 2025 07:07
Last Modified: 13 Nov 2025 07:07
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11492

Actions (login required)

View Item View Item