MARWAH, MARWAH (2025) PENGGUNAAN PICKER WHEEL DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI BARRU. Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
2320203886108028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan picker wheel dalam meningkatkan penguasaan materi al-Qur’an peserta didik kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Barru. Tesis ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan tingkat penguasaan materi al-Qur’an sebelum dan sesudah penggunaan picker wheel, serta mengukur apakah penggunaan media tersebut dapat secara efektif meningkatkan penguasaan materi al-Qur’an peserta didik. Permasalahan utama yang dikaji difokuskan pada perbedaan tingkat penguasaan materi sebelum dan sesudah penerapan picker wheel, serta keefektifan media ini dalam mendukung peningkatan hasil belajar al-Qur’an pada peserta didik kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, serta pre-experimental design tipe one group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III yang berjumlah 30 orang, ditentukan melalui teknik total sampling. Teknik pengumpulan data meliputi tes (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa soal tes tulis dan lisan, lembar observasi keterlibatan peserta didik selama pembelajaran, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial melalui uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest, dengan peningkatan nilai rata-rata tes tertulis dari 48,80 menjadi 82,53 dan tes lisan dari 67,87 menjadi 82,67. (2) Penggunaan picker wheel terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan materi al-Qur’an, dibuktikan melalui uji paired sample t-test dengan nilai signifikansi (sig.) yang menunjukkan angka < 0,001, jauh lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu, H₀ ditolak dan H₁ diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Picker Wheel, Penguasaan Materi, Pembelajaran al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fatma fatmawati fatma
Date Deposited: 06 Nov 2025 02:58
Last Modified: 06 Nov 2025 02:58
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11461

Actions (login required)

View Item View Item