AKBAR M, MUH. (2015) STRATEGI MARKETING MIX TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA PEREMPUAN PENGRAJIN SUTERA DI KEC. TANASITOLO KAB. WAJO (ANALISIS EKONOMI SYARIAH). Other thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Full Teks)
2220203860102016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis tentang strategi Marketing Mix dalam meningkatan ekonomi keluarga perempuan pengrajin sutera di Kec. Tanasitolo Kabupaten Wajo. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi, dampak penerapan strategi Marketing Mix, serta analisis ekonomi syariah terhadap peningkatan ekonomi keluarga perempuan pengrajin sutera di Kec. Tanasitolo Kabupaten Wajo. Metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan fonomenologis. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research). Data yang diperoleh berupa wawancara secara langsung kepada masyarakat perempuan pengrajin sutera dan data sekunder berupa buku, jurnal, dan artikel-artikel terkait dengan topik yang dibahas. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Perencanaan Marketing Mix 7P masih terkendala inovasi dan pemasaran, namun implementasinya terbukti efektif dalam meningkatkan ekonomi keluarga pengrajin sutera di Tanasitolo. Hal ini dicapai melalui pengembangan perubahan produk, penetapan harga yang sesuai kualitas, proses penjualan (offline & online), promosi media sosial, peningkatan keterampilan pengrajin, perbaikan sistem produksi, serta perhatian pada merek dan kemasan. Evaluasi berkala menunjukkan pemafaatan berkelanjutan, menjadikan strategi ini pilar pemberdayaan ekonomi dan pelestarian budaya 2). Dampak penerapan strategi Marketing Mix terlihat dari meningkatnya penjualan pendapatan dan kesejahteraan. Keberhasilan pemasaran produk sutera sangat bergantung pada pada penerapan Marketing Mix 7P seperti pengembangan produk yang inovatif, penetapan harga yang tepat, perluasan akses pasar, promosi yang efektif, peningkatan keterampilan pengrajin, perbaikan proses produksi, dan penyajian produk yang menarik. 3). Prinsip ekonomi syariah seperti kejujuran, tanggung jawab, kecerdasan, dan komunikasi yang baik memperkuat kepercayaan, memperkuat merek, dan mendorong pengrajin untuk terus berinovasi. Dengan demikian, kombinasi antara strategi pemasaran yang efektif dan etika bisnis yang baik menjadi kunci keberhasilan pengrajin sutera.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Marketing mix, peningkatan ekonomi, keluarga perempuan pengrajin sutera |
| Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics |
| Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | fatma fatmawati fatma |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 03:22 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 03:22 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
