Sulkifli, Sulkifli (2025) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA MUHAMMADIYAH PADAELO KECAMATAN TANETE RILAU KABUPATEN BARRU. Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
2120203886108059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kecerdasan emosional peserta didik MA Muhammadiyah Padaelo Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru, Seberapa besar motivasi belajar Akidah Akhlak Pesera Didik MA Muhammadiyah Padaelo Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru, Seberapa besar kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar Akidah Akhlak Peserta Didik MA Muhammadiyah Padaelo Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang datanya berbentuk angka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan penelitian lapangan. Karena peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengobservasi peserta didik di MA Muhammadiyah Padaelo Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. Adapun teknik analisis data yaitu uji validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Gambaran terkait kecerdasan emosional pada proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Padaelo berada dalam kategori baik. 2). Gambaran terkait motivasi belajar peserta didik dalam kategori baik berdasarkan dari hasil penyebaran angket. 3). Pengaruh kecerdasan terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik pada taraf signifikan 5% di peroleh Rtabel = 0,320; sedangkan pada taraf signifikan 1% Rtabel 0,413; karena rxy pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% jauh lebih besar dibandingkan dengan rtabel, maka Hipotesis Nihil (H0) ditolak dan hipotesis Alternatif (Ha) diterima, berarti bahwa pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% memang terdapat korelasi yang positif yang kuat atau tinggi antara variabel X ( kecerdasan emosional ) dan variabel Y ( motivasi belajar peserta didik).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fatma fatmawati fatma
Date Deposited: 04 Nov 2025 02:24
Last Modified: 04 Nov 2025 02:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11433

Actions (login required)

View Item View Item