PURNAMASARI, NINDA (2025) DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN DDI PATTOJO SOPPENG. Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
2120203886108054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan aksesibilitas media sosial membuat peserta didik yang umumnya hidup dalam lingkungan yang mendalami ajaran agama kini menghadapi tantangan baru dalam mempertahankan nilai-nilai sosial dan budaya di lingkungan Pondok Pesantren DDI Pattojo, begitupun dengan pengaruhnya terhadap perilaku sosial peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku sosial peserta didik setelah menggunakan media sosial dan mengidentifikasi dampak positif dan negatif penggunaan media sosial terhadap perilaku sosial peserta didik di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren DDI Pattojo Soppeng. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Adapun jenis data menggunakan jenis data subjek dan sumber datanya adalah guru dan peserta didik. Tahapan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Selanjuthya analisis data yang digunakan adalah teknis analisis Miles dan Huberman. Sedangkan pada teknik pengujian keabsahan data yang digunakan adalah uji creability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial berdampak terhadap perilaku sosial peserta didik, baik dalam aspek komunikasi, hubungan interpersonal, maupun adaptasi terhadap nilai-nilai sosial yang berkembang. Media sosial memiliki dampak positif mulai dari memperluas akses informasi, meningkatkan kepercayaan diri, mendukung kreativitas, hingga membentuk perilaku dan pola pikir yang lebih baik bagi peserta didik. Dengan pengawasan dan arahan yang tepat, media sosial dapat menjadi alat yang efektif dalam mendukung perkembangan perilaku sosial akademik peserta didik. Adapun dampak negatif terhadap perilaku sosial peserta didik yaitu menurunkan produktivitas, meningkatkan individualisme, dan mempengaruhi nilai budaya pesantren. Hal ini menunjukkan perlunya pengawasan ketat dan pendampingan aktif dari pengelola pondok untuk meminimalisir pengaruh buruk media sosial

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Dampak, Media Sosial, Perilaku Sosial, Peserta Didik, Pondok Pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160802 Environmental Sociology
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fatma fatmawati fatma
Date Deposited: 28 Oct 2025 13:30
Last Modified: 28 Oct 2025 13:30
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11418

Actions (login required)

View Item View Item