Nurfahildha, Nurfahildha (2025) Evaluasi Kompetensi Komunikasi Dalam Pelaksanaan MBKM Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
NURFAHILDHA_2020203870233012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dirancang untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa, termasuk kompetensi komunikasi yang sangat penting dalam dunia kerja dan pengabdian masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kompetensi komunikasi mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Parepare dalam pelaksanaan program MBKM, baik dari aspek proses, capaian, maupun persepsi mahasiswa terhadap efektivitas komunikasi dalam konteks akademik dan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena lebih sesuai untuk menggambarkan fenomena secara mendalam, kontekstual, dan holistik dibandingkan pendekatan kuantitatif yang cenderung bersifat numerik dan terbatas pada pengukuran terstruktur. Data diperoleh melalui wawancara terhadap lima mahasiswa peserta MBKM dan satu dosen pembimbing/pengelola MBKM. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori kompetensi komunikasi dari Spitzberg dan Cupach, teori interaksi sosial, serta teori interaksi simbolik untuk memahami bagaimana mahasiswa membangun kemampuan komunikasi dalam lingkungan yang beragam dan simbolik. Teori-teori ini membantu peneliti menilai dimensi motivasi, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam berinteraksi secara efektif di berbagai konteks sosial dan budaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi komunikasi mahasiswa meningkat selama pelaksanaan MBKM, terutama dalam hal kemampuan menyampaikan pendapat, menjalin hubungan interpersonal, dan menyampaikan pesan secara verbal maupun non-verbal. Mahasiswa lebih percaya diri dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial dan budaya baru. Evaluasi melalui Sistem Informasi (SISFO) efektif dalam memantau aspek administratif dan ketercapaian tugas tertulis, sedangkan pelaksanaan secara offline lebih menonjol dalam mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonal. Program MBKM terbukti sebagai sarana strategis dalam membentuk mahasiswa yang komunikatif, adaptif, dan profesional dalam dunia nyata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Interaksi Sosial, Kompetensi Komunikasi, MBKM, SISFO
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 22 Oct 2025 00:46
Last Modified: 22 Oct 2025 00:46
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11410

Actions (login required)

View Item View Item