Nursam, Nursam (2020) Peranan Guru Aqidah Akhlak dalam Mencegah Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Informasi pada Peserta Didik MTs Yasrib Limpomajang Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Masters thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
17.0211.007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
Tesis ini membahas tentang peranan guru aqidah akhlak dalam mencegah dampak negatif perkembangan teknologi informasi pada peserta didik MTs Yasrib Limpomajang Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pembelajaran aqidah akhlak dalam mencegah dampak negatif perkembangan teknologi informasi pada peserta didik MTs Yasrib Limpomajang Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Penelitian lapangan (Field Research), peneliti langsung ke lapangan atau dilakukan di madrasah dengan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, guna memperoleh data yang jelas dan representatif. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Proses pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Yasrib Limpomajang Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng diarahkan pada keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga minat peserta didik terhadap pembelajaran akidah akhlak menjadi tinggi. (2) Dampak negatif perkembangan teknologi terhadap peserta didik di MTs Yasrib Limpomajang Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng, kurangnya konsentrasi belajar peserta didik sehingga dapat memperlambat peserta didik dalam menerima informasi yang diberikan oleh guru, kurangnya motivasi belajar peserta didik sehingga prestasi belajar menurun, serta peserta didik tidak disiplin mematuhi aturan sekolah. (3) Peranan guru Aqidah Akhlak dalam mencegah dampak negatif perkembangan teknologi pada peserta didik di MTs Yasrib Limpomajang Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng, yaitu mengarahkan peserta didik berpikir dengan bijak dalam merespon perkembangan teknologi informasi, serta mengantarkan peserta didik untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Serta berperan memberikan pengamalan, pembiasaan, dan penghayatan agar peserta didik berfikir Islami serta memiliki karakter Islami.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aqidah Akhlak, Dampak Negatif, Teknologi |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 06 Mar 2020 03:43 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 03:43 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1141 |
Actions (login required)
View Item |