RIDHA, MUHAMMAD FATHUR (2025) Difusi Inovasi Literasi Al-Qur’an Dalam Sertifikasi Guru Mengaji Warga Binaan Rutan Kelas IIB Pinrang. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.
![]() |
Text (Full Text)
2120203870233017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik inovasi literasi AlQur’an dalam program sertifikasi guru mengaji bagi warga binaan di Rutan Kelas IIB Pinrang. Kajian ini menyoroti elemen-elemen penting dalam proses difusi inovasi menurut teori Everet M. Rogers, yaitu Inovasi, Saluran Komunikasi, Waktu, dan Sistem sosial, dengan menekankan peran persuasi dalam penerimaan inovasi oleh warga binaan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori utama yang digunakan adalah Model Difusi Inovasi oleh Everett M. Rogers. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Elemen difusi tampak dalam kerja sama antara rutan, pondok pesantren mitra, dan warga binaan dalam proses pembelajaran dan pengkaderan (2). Bentuk-bentuk adopsi inovasi mencakup pembelajaran iqra’, tadarus, simaan, pelatihan mengajar, seleksi, dan sertifikat formal. (3). Faktor pendukung program meliputi dukungan kelembagaan rutan, peran pembina kepribadian, kerja sama dengan Pondok Pesantren Tassbeh Baitul Qur’an, serta motivasi internal warga binaan. Adapun faktor penghambat mencakup keterbatasan waktu, perbedaan latar belakang peserta, rendahnya kedisiplinan sebagian warga binaan, serta keterbatasan tenaga pembina dan sarana pendukung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Difusi Inovasi, Literasi Al-Qur’an, Guru Mengaji,Warga Binaan, Rutan Pinrang. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:31 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 07:31 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11398 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |