Haswinda, Haswinda (2025) Peran Influencer dalam Penyiaran Layanan Masyarakat di Kota Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Full Text)
HASWINDA 18.3100.037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji peran influencer dalam penyiaran layanan masyarakat di Kota Parepare, khususnya dalam konteks kampanye sosial terkait kebersihan lingkungan. Fenomena yang diteliti adalah bagaimana influencer memanfaatkan media sosial untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang berdampak positif bagi lingkungan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk-bentuk konten yang dibuat oleh influencer dalam menyampaikan pesan sosial serta memahami dampak sosial dari aktivitas mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, pengumpulan data dengan wawancara mendalam kepada influencer dan masyarakat, analisis data dilakukan dengan teknik Miles dan Huberman melibatkan tiga tahapan utama yang berjalan secara interaktif dan simultan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer di Kota Parepare, seperti Rudi Hartono dengan akun Instagram @Spidermanparepare, telah berhasil memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam aksi sosial, seperti kegiatan bersih pantai di pesisir Cempae. Konten yang bersifat edukatif dan mengajak masyarakat berkolaborasi dalam kegiatan nyata terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran tentang kebersihan lingkungan. Namun, temuan ini juga menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat masih terbatas pada kelompok yang sudah memiliki kesadaran tinggi terhadap masalah lingkungan. Penelitian ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara influencer, masyarakat, dan pemerintah dalam menciptakan perubahan sosial yang lebih luas. Temuan ini memberikan wawasan tentang efektivitas influencer dalam penyiaran layanan masyarakat serta implikasi bagi pengembangan strategi komunikasi sosial yang lebih efektif di masa depan.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Influencer, Layanan Masyarakat, Media Sosial, Perubahan Sosial |
| Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:19 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 07:19 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11394 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
