Abidin, Sri Kartika (2025) Mediatisasi Perilaku Sedekah dan Mengemis Online melalui Aplikasi TikTok. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203870233011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan mediatisasi yang menyebabkan adanya pergeseran perilaku sedekah dan mengemis secara online di aplikasi TikTok dan mengidentifikasi pola diskusi dan narasi dalam komentar pengguna terkait fenomena tersebut. Fenomena sedekah dan mengemis secara online merepresentasikan interaksi sosial yang terjadi melalui platform digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode netnografi berdasarkan teori mediatisasi Stig Hjarvard, terhadap dua akun TikTok, yaitu @veraakarim sebagai representasi sedekah online dan @sadborgunawan86 sebagai representasi mengemis online. Data dikumpulkan melalui observasi digital, yakni data di crawling melalui website apify dan analisis komentar dengan menggunakan website communalytic.org, dan wawancara dengan beberapa pengguna TikTok untuk mendapatkan perspektif mereka terhadap fenomena ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mediatisasi telah menggeser perilaku sedekah dan mengemis menjadi aktivitas digital yang mengikuti logika media, dengan sedekah yang ditampilkan secara transparan dan mengemis yang dikemas sebagai hiburan. TikTok menjadi ruang terbuka di mana keduanya ditampilkan, ditonton, dan dinilai, menunjukkan bahwa media tidak hanya menjadi sarana penyampaian, tetapi juga membentuk cara baru dalam memahami praktik sosial ini. Analisis communalytic.org menunjukkan bahwa konten sedekah dan mengemis cenderung dikategorikan sentimen netral hingga positif, yang mencerminkan penerimaan audiens sebagai bagian dari ekspresi sosial digital. Namun, pola diskusi komentar, terutama pada konten mengemis, menunjukkan adanya kritik dan penolakan. Hasil wawancara juga menunjukkan pandangan kritis sedekah online dianggap membangun solidaritas, sementara mengemis berbasis hiburan dianggap kurang merepresentasikan kebutuhan nyata dan berisiko menimbulkan salah persepsi tentang kondisi sosial ekonomi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mediatisasi, Sedekah Online, Mengemis Online, TikTok.
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 21 Oct 2025 05:42
Last Modified: 21 Oct 2025 05:42
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11380

Actions (login required)

View Item View Item