ABDULLAH, ST. HAJAR (2025) Strategi Komunikasi Konflik dalam Menangani Bullying di UPTD SD 77 Parepare. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.
|
Text (Full Text)
19.3100.020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Strategi Komunikasi Konflik dalam menangani bullying adalah pendekatan yang mengutamakan penggunaan komunikasi efektif untuk meredakan atau menyelesaikan konflik yang muncul akibat tindakan bullying Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) strategi komunikasi konflik dalam menangani bullying di UPTD SD 77 Parepare, dan 2) hambatan dan solusi strategi komunikasi konflik dalam menangani bullying di UPTD SD 77 Parepare. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terkait penelitian. Adapun informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa UPTD SD 77 Parepare. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi komunikasi di UPTD SD 77 Parepare untuk menangani bullying melibatkan berbagai pendekatan, seperti keterbukaan antara guru, orang tua, dan siswa dalam mengedukasi tentang bullying. Empati ditunjukkan melalui metode bonding antara guru dan siswa, serta pemahaman terhadap posisi korban dan pelaku. Keterampilan komunikasi aktif tercermin dalam hubungan saling percaya antara orang tua dan guru untuk menyelesaikan masalah melalui dialog. Penyelesaian berbasis kepentingan dilakukan dengan pendekatan persuasif, edukasi pada pelaku, dan komunikasi intensif dengan semua pihak. Meski bullying verbal lebih sering terjadi, hubungan siswa tetap harmonis dan masalah dapat diselesaikan secara internal tanpa pihak luar. (2) Hambatan strategi komunikasi untuk mengatasi bullying di UPTD SD 77 Parepare di mana mengalami beberapa masalah, seperti program yang tidak selalu konsisten, adanya penolakan dari pelaku dan saksi, serta hubungan yang kurang baik antara sekolah dan orang tua. Solusi yang diusulkan adalah meningkatkan pengawasan, membentuk tim khusus, dan melakukan evaluasi secara rutin untuk melihat seberapa efektif upaya yang dilakukan.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Bullying, Komunikasi Konflik, Strategi Komunikasi. |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 05:40 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 05:40 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
