Huseng, Mustika (2025) Efektifitas Pesan Visual Bahaya Merokok Terhadap Persepsi Mahasiswa (Studi Pada Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam). Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.3100.078.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui efektif pesan visual bahaya merokok pada kemasan rokok mampu mempengaruhi persepsi mahasiswa Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam dan untuk mengetahui efektif komunikasi visual pada pesan bahaya merokok pada kemasan rokok mempengaruhi emosi mahasiswa Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam serta untuk mengetahui efektif komunikasi visual pada pesan bahaya merokok pada kemasan rokok mampu mempengaruhi pemahaman mahasiswa Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan instrument penelitian yaitu kuesioner, sampel penelitian ini yaitu 165 responden dari mahasiswa Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan analisis Uji T independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Pesan Visual Bahaya Merokok dalam mempengaruhi persepsi mahasiswa menunjukkan bahwa pesan visual yang terdapat pada kemasan rokok terbukti efektif dalam mempengaruhi persepsi mahasiswa terhadap bahaya merokok. Mayoritas responden menyatakan bahwa mereka menyadari bahaya merokok setiap kali melihat peringatan visual pada kemasan rokok.Efektivitas Komunikasi Visual dalam mempengaruhi emosi mahasiswa menunjukkan bahwa komunikasi visual dalam pesan bahaya merokok pada kemasan rokok mampu mempengaruhi emosi mahasiswa. Mayoritas responden mengaku merasa cemas, takut, dan khawatir setiap kali melihat gambar peringatan bahaya merokok. Efektivitas Komunikasi Visual dalam mempengaruhi pemahaman mahasiswa terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai bahaya merokok dimana responden menyatakan bahwa mereka lebih memahami dampak negatif rokok setelah melihat pesan visual dalam kemasan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Pesan Visual, Bahaya Merokok
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100599 Communications Technologies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 21 Oct 2025 05:32
Last Modified: 21 Oct 2025 05:32
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11378

Actions (login required)

View Item View Item