Amalia, Nur Reski (2025) Company Branding dalam Upaya Independensi Media Kompas TV Makassar. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Full Text)
2120203870233009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Di tengah tekanan ekonomi-politik dan persaingan industri media yang semakin kompleks, independensi media menjadi aspek penting dalam menjaga objektivitas dan kredibilitas informasi. Kompas TV Makassar sebagai media televisi lokal menghadapi tantangan tersebut dengan membangun citra melalui strategi company branding. Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi branding yang diterapkan Kompas TV Makassar dalam mempertahankan independensi redaksional serta memperkuat citra sebagai media yang independen, terpercaya, dan profesional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pihak internal, observasi langsung, serta dokumentasi pendukung. Analisis dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, dengan teori brand identity dan corporate branding sebagai landasan konseptual yang relevan dalam memahami pembangunan citra media melalui pendekatan strategis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi branding Kompas TV Makassar tidak hanya menekankan aspek visual, tetapi juga mengedepankan nilai jurnalistik seperti kejujuran, keberimbangan, dan netralitas. Branding dibentuk secara kolektif melalui komunikasi internal yang kuat dan pemanfaatan media sosial untuk membangun kepercayaan publik. Nilai “Independen dan Terpercaya” menjadi prinsip utama dalam setiap produksi konten. Branding yang konsisten terbukti efektif menjaga independensi media serta memberi kontribusi strategis bagi industri dan kajian akademik.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Company Branding, Independensi Media, Kompas TV Makassar. |
| Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 05:35 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 05:35 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
