Samdzikir, Muh (2024) Etika Komunikasi Interaksi Dosen dan Mahasiswa Melalui Aplikasi Whatsapp. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.
![]() |
Text
18.3100.035.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang etika komunikasi interaksi dosen dan mahasiswa melalui aplikasi Whatsapp dan sikap dosen dalam menghadapi etika komunikasi mahasiswa dalam proses perkuliahan melalui aplikasi Whatsapp. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan kredibilitas dengan uji triangulasi yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Informan pada penelitian ini melwawancarai belbelrapa doseln dari Fakultas Ulshululddin Adab dan Dakwah dosen . Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan verifikasi (verifikation). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa etika komunikasi interaksi mahasiswa dan dosen dikampus IAIN Parepare melalui aplikasi Whatsapp masih banyak disoroti mengenai kurangnya etika mahasiswa dalam berkomunikasi. Bagia yang seringkali menimbulkan persoalan adalah dari segi pesan terutama bahasa dan format pesan. Sebagian besar dosen di kampus IAIN Parepare memberikan tindakan kepedulian, seperti memberikan nasehat dan pemahaman tentang cara beretika komunikasi yang baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika, Komunikasi, Dosen, Mahasiswa, Whatsapp. |
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100599 Communications Technologies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 03:46 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 03:46 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11376 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |