Amirullah, Amirullah (2025) Strategi Media Sosial Komunikasi Bisnis Barang Thrifting di Kota Parepare. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.3100.020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Strategi Media Sosial Komunikasi Bisnis Barang Thrifting di Kota Parepare. Pengguna media sosial untuk bisnis merupakan strategi pemasaran yang efektif dan memberikan keuntungan bagi para pembisnis thrift shop apabila mereka menggunakan komunikasi bisnis yang baik dan memanfaatkan fitur-fitur yang telah tersedia yang dapat meningkatkan penjualan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penggunaan media sosial dalam melakukan komunikasi bisnis barang thrifting dan mengetahui bagaimana strategi penjualan bisnis barang thrifting di media sosial di Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu person, place, paper. Adapun teknik pengumpulan dan pengolahan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, penulis dapat memperoleh informasi yang akurat dan sesuai fakta berdasarkan objek penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Penggunaan media sosial dalam melakukan komunikasi bisnis barang thrifting di Kota Parepare telah diterapkan oleh beberapa Owner Thrifting yang ada di Kota Parepare, menginformasikan produk dengan cara memberi caption, hastag dan detail tentang produk visual dan audio visual yang ditawarkan dan melakukan tanya jawab pada fitur DM (Direct Message) pada media sosial adalah cara Owner Thrifting membangun komunikasi agar dapat meningkatkan penjualan di sosial media (2) Strategi penjualan bisnis barang thrifting di media sosial di Kota Parepare. Owner thrifting di Kota Parepare melakukan strategi penjualan produk di sosial media dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada media sosial, seperti memasang iklan, flash sale, promosi, diskon bahkan gratis ongkir untuk menarik perhatian dalam penjualan produk agar pembeli tertatrik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Media Sosial, Komunikasi Bisnis, Thrifting
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100599 Communications Technologies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:30
Last Modified: 21 Oct 2025 02:30
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11365

Actions (login required)

View Item View Item