MARYAM, HAJRA (2024) Pengaruh Terpaan Iklan Hari Belanja Online Nasional Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa IAIN Parepare Melalui Aplikasi Shopee. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203870233058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memunculkan jual beli secara online kini menjadi trend baru yang merambah ke semua kalangan termasuk mahasiswa. Perubahan perilaku tersebut dapat terlihat dari kebiasaan belanja mahasiswa, yang tadinya terbiasa berbelanja secara langsung di pasar tradisional atau pasar swalayan terdekat, saat ini mereka lebih gemar berbelanja secara online salah satunya melalui aplikasi belanja online Shopee. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan metode accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa IAIN Parepare yang menggunakan aplikasi shopee dan mendapatkan sampel sebanyak 384 mahasiswa dengan perhitungan menggunaka rumus Lemeshow. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Selanjutnya peneliti menggunakan teori Terpaan Iklan (Advertising Exposure) dan teori AIDA. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh indikator frekuensi Iklan Hari Belanja Online Nasional terhadap perilaku konsumtif mahasiswa IAIN Parepare melalui aplikasi shopee sebesar 32,6%, pengaruh itensitas terhadap perilaku konsumtif mahasiswa IAIN Parepare melalui aplikasi shopee sebesar 40,3%, dan pengaruh durasi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa IAIN Parepare melalui aplikasi shopee sebesar 19,2%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Iklan, Shopee, Perilaku Konsumtif
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:55
Last Modified: 21 Oct 2025 01:55
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11360

Actions (login required)

View Item View Item