Abdillah, Andi Cesar Fahreza (2023) Pola Komunikasi Komunitas Industri Kreatif Parepare Indie dalam Proses Perkembangan Skena Kesenian di Kota Parepare. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
16.3100.023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Industri kreatif kota mengisyaratkan sebuah kelompok kreatif yang mengembangkan ide dan produk kreatif yang berdasar atas intelektual, seni budaya, teknologi sesuai perkembangan zaman dan muncul karena kebutuhan masyarakat yang terus berubah. Industri kreatif modern & kebudayaan lokal harus dilestarikan karena kekayaan budaya & karya adalah bagian identitas dalam industri kreatif yang mampu menjadi landmark serta melibatkan masyarakat umum hingga perkembangannya dapat dinikmati bersama. Industri kreatif yang berbasis manajemen, karya kesenian dan pertunjukan baik modern maupun budaya lokal juga bisa membantu keberlangsungan hidup suatu daerah tanpa merusak hal lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan metode Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Display Data), dan Penarikan Kesimpulan (Conslution Drawing). Dalam memperkuat analisis, peneliti menggunakan teori Percakapan Kelompok dan Teori Peniti Penyambung. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola komunikasi yang digunakan Parepare Indie dalam Proses perkembangan Skena Kesenian Kota Parepare adalah jenis Pola Komunikasi Sirkuler dengan bentuk Pola Komunikasinya menggunakan Pola Bintang (All Channel) karena dalam tiap interaksi antara individu dan individu maupun kelompok selalu ada feedback sehingga distribusi pengetahuan terus berjalan dan menghasilkan ide untuk pengembangan Skena kesenian Kota Parepare. (2) Parepare Indie awalnya hanya sebagai media publik yang kini menjelma menjadi ruang kreatif terbesar yang ada di Kota Parepare dan sangat berperan penting dalam pengembangan Skena Kesenian Kota Parepare melalui program kreatif yang mereka buat dan dapat mendukung keberlangsungan hidup masyarakat di sektor Industri Kreatif seperti Festival Musik Parepare Artmosphere Day, In D’ Show, In D’ Market, dan memiliki media massa yang dapat menyalurkan informasi terkait perkembangan Skena Kota yang bernama In D' Air.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Industri Kreatif, Parepare Indie
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:22
Last Modified: 21 Oct 2025 01:22
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11351

Actions (login required)

View Item View Item