Yusma, Mukhlis (2022) Fi’il Mazid Beserta Faidahnya Dalam Surah Al-Baqarah (Studi Analisis Linguistik). Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Full Text)
16.1500.001.docx.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Skripsi ini berkaitan dengan ilmu morfologi (Sharaf), karena lebih mengkaji fi’il-fi’il dalam Surat al-Baqarah. Hal ini didasarkan pada dua permasalahan utama: Apa saja wazan fi’il-fi’il dalam surat al-Baqarah? Apa makna dari fi’il mazid dalam surat al-Baqarah. Penulis menggunakan metode penelitian ilmiah, dan jenis penelitian yang di gunakan yaitu pengumpulan data, serta metode analisis dan pengorganisasian. Adapun tujuan penulis menulis skripsi ini adalah: mengetahui wazan fi’il-fi’il dalam Surat al-Baqarah, mengetahui makna dari wazan fi’il-fi’il dalam Surat al-Baqarah. Kata kerja (fi’il) dengan wazan yang berbeda memuat makna yang berbeda tergantung pada banyak atau sedikit huruf tambahannya. Adapun Fi’il Mazid dalam penelitian ini adalah fi’il yang berubah akibat adanya huruf tambahan, baik satu huruf, dua huruf, atau tiga huruf. Adapun makna yang ditambahkan pada setiap wazan antara lain Lit Ta’diyah, Taktsiri, Shoirurah, Mubaalaghoh, dan Lit Tolab. Hal ini disebabkan oleh macam-macam wazan dan banyaknya huruf tambahan padanya atau sebelumnya. Hal ini juga dirinci dalam Bab Empat skripsi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fi’il-fi’il Mazid, Ilmu Sharaf, Surat al-Baqarah |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200527 Arabic Literature (al-Adab al-‘Arabī) > 20052799 Arabic Literature (al-Adab al-‘Arabī) not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bahasa dan Sastra Arab |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 02:03 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 02:03 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11308 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |