Nurazizah, Nurazizah (2025) Strategi Peningkatan Pengetahuan Ibadah Sholat Terhadap Anak Tunarungu di UPT SLB Negeri 1 Parepare. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203870232052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bimbingan keagamaan yang digunakan dalam menanamkan kemandirian ibadah sholat kepada anak tunarungu di UPT. SLB Negeri 1 Parepare. Penanaman nilai-nilai ibadah pada anak berkebutuhan khusus, khususnya tunarungu, memerlukan pendekatan dan metode yang berbeda, disesuaikan dengan kondisi keterbatasan mereka dalam menerima informasi secara verbal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru pendamping, guru pendidikan agama Islam, dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bimbingan keagamaan yang diterapkan meliputi pendekatan visual, gerak isyarat, praktik langsung, dan penggunaan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami. Guru dan pendamping secara intensif membimbing anak-anak tunarungu melalui rutinitas ibadah harian, seperti praktik wudhu dan sholat, dengan metode pembiasaan dan penguatan positif. Kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan komunikasi, kurangnya media khusus untuk anak tunarungu, serta minimnya pemahaman agama di lingkungan keluarga. Namun demikian, dengan strategi yang konsisten dan dukungan dari berbagai pihak, sebagian besar anak mampu melaksanakan ibadah sholat secara mandiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi bimbingan, ibadah sholat, anak tunarungu, kemandirian, SLB
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 20 Oct 2025 01:38
Last Modified: 20 Oct 2025 01:38
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11306

Actions (login required)

View Item View Item