Hidayah, Fakhrul (2025) Efektivitas Bimbingan Kelompok Berbasis Film Pendek Untuk Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa di SMK Negeri 1 Parepare. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203870232027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kecerdasan moral merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk dapat berpikir, bersikap maupun bertindak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku sehingga ia mampu memahami mana perilaku yang baik dan buruk. Tujuan dari penelitian ini untuk dapat mengetahui efektivitas bimbingan kelompok berbasis film pendek dalam meningkatkan kecerdasan moral siswa di SMK Negeri 1 Parepare. Pendekatan dalam penelitian ini yakni menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yakni quasi experimental design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni skala kecerdasan moral dengan menggunakan skalai likers. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 451 orang siswa yang kemudian ditarik menjadi sampel penelitian dengan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling sehingga jumlah sampel yakni 28 orang siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok yakni kelompok eksperimen sebanyak 14 orang siswa dan kelompok kontrol sebanyak 14 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang meliputi uji paired sample t test dan uji independen sample t test. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dari hasil uji normalitas dengan tes signifikan Shapiro-Wilk diperoleh nilai signifikansi > 0,05 yakni 0.326 untuk post test kelas kontrol dan 0.971 untuk post test kelas eksperimen sehingga data yang diperoleh berdistribusi dengan normal. Kemudian dari hasil uji homogenitas diperoleh nilai signifikansi > 0.05yakni 0.125 sehingga dapat diketahui populasi dalam penelitian bersifat homogen. Selanjutnya untuk analisis data selanjutnya yakni uji hipotesis diperoleh signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak yang kemudian dapat diketahui terdapat perbedaan rata-rata hasil post test yang diperoleh oleh siswa pada kelompok eksperimen. Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok berbasis media film pendek efektif digunakan dalam meningkatkan kecerdasan moral siswa di SMK Negeri 1 Parepare.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Film Pendek, Kecerdasan Moral
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 17 Oct 2025 07:03
Last Modified: 17 Oct 2025 07:03
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11282

Actions (login required)

View Item View Item