Saputri, Ayu (2024) Strategi Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Persepsi Positif Siswa SMPN 10 Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203870232022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi guru bimbingan koseling dalam meningkatkan persepsi positif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi guru bimbingan konseling dan siswa, untuk mengetahui strategi guru bimbingan konseling dan untuk mengetahui faktor penghambat guru bimbingan konseling dalam meningkatkan persepsi positif siswa SMPN 10 Parepare. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder yaitu 2 guru bimbingan konseling dan 3 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru bimbingan konseling dalam meningkatkan persepsi positif siswa yaitu membangun komunikasi, layanan bimbingan konseling, pemahaman individual, dan bersikap ramah dan terbuka. Adapun faktor penghambat guru bimbingan konseling dalam meningkatkan persepsi positif siswa yaitu pandangan siswa negatif, perasaan terintimidasi dan minim daya tarik dari guru BK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Guru Bimbingan konseling, Persepsi positif, Strategi
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 17 Oct 2025 07:02
Last Modified: 17 Oct 2025 07:03
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11281

Actions (login required)

View Item View Item