Arifin, Nurul Azmi (2025) Gambaran Kebahagiaan Guru SLB Negeri 1 Parepare dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Full Text)
2020203870232018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang gambaran kebahagiaan guru SLB Negeri 1 Parepare dalam mendidik anak berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kebahagiaan guru SLB Negeri 1 Parepare dalam mendidik anak berkebutuhan khusus, serta mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kebahagiaan guru. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan dalam pengumpulan data menggunakan wawancara. Adapun sumber data yang digunakan yaitu guru yang ada di SLB Negeri 1 Parepare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kebahagiaan guru SLB Negeri 1 Parepare dalam mendidik anak berkebutuhan khusus sejalan dengan aspek afek positif, afek negatif dan kepuasan hidup yang merupakan aspek pada teori subjective well-being. Dalam penelitian ini, yang paling mendominasi adalah aspek afek positif dan kepuasan hidup. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kebahagiaan guru SLB yaitu adanya motivasi mengajar anak berkebutuhan khusus (ABK), pengakuan dan apresiasi serta relasi sosial baik hubungan dengan siswa, sesama rekan kerja dan orang tua siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebahagiaan, Guru SLB |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 06:46 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 06:46 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |