Yuliana, Yuliana (2025) Efektivitas Salat Dhuha dalam Menurunkan Stres Belajar Mahasiswa Tingkat Akhir di FUAD IAIN Parepare. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203870232018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir mengalami stres belajar akibat tekanan akademik seperti penyusunan skripsi, keterbatasan waktu bimbingan, dan tuntutan keluarga. Stres ini dapat berdampak pada motivasi, konsentrasi, dan penyelesaian studi. Salah satu bentuk terapi spiritual yang diyakini mampu membantu mengelola stres adalah pelaksanaan salat dhuha. Aktivitas ibadah ini dapat menumbuhkan ketenangan batin, meningkatkan fokus, serta mengurangi ketegangan psikologis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas salat dhuha dalam menurunkan stres belajar mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen jenis quasi experimental design, tepatnya non-equivalent control group design. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik non probality sampling dengan pendekatan purposive sampling. Sampel berjumlah 12 mahasiswa yang dibagi ke dalam dua kelompok: 6 mahasiswa sebagai kelompok eksperimen dan 6 mahasiswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat stres belajar adalah skala stres belajar berdasarkan aspek psikologis, fisiologis, kognitif, dan perilaku, disusun dalam bentuk kuesioner menggunakan skala likert. Uji yang digunakan dalam penelitian ini dalam uji persyaatan analisis yaitu uji normalitas menggunakan Shapiro wilk, uji homogenitas menggunakan One Way Anova uji hipotesis menggunakan uji Paired Samples Test dan Independent Samples Test dengan bantuan SPSS versi 29. Analisis data menunjukkan pada uji beda data pre-test dan post-test kelompok kontrol nilai sig. 0.011 < 0.05 yang artinya H1 terima. Hasil analisis data uji beda pre-test dan post-test kelompok eksperimen menunjukkan nilai sig 0.000 < 0.05 yang artinya H2 diterima. Adapun, hasil analisis data uji beda kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan nilai sig. 0.000 < 0.05 yang artinya H3 diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan ektivitas pelaksanaan salat dhuha dalam menurunkan stres belajar terbukti secara signifikan, hasil jurnal sholat dhuha terbukti secara individu bahwa sholat dhuha dapat memberikan perasaan yang tenang, merasa aman, dan lebih fokus. hasil pengamatan individual menunjukkan bahwa subjek dalam kelompok eksperimen mengalami penurunan skor stres belajar setelah menjalankan terapi salat dhuha secara rutin. Hal tersebut menunjukkan adanya potensi pengaruh positif salat dhuha terhadap pengelolaan stres belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Stres Belajar, Salat Dhuha, Mahasiswa Tingkat Akhir
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 17 Oct 2025 06:37
Last Modified: 17 Oct 2025 06:37
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11277

Actions (login required)

View Item View Item